BERKAS APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN UNTUK DAFTAR POLRI

Tidak sedikit dari kamu yang membaca artikel ini pasti bertanya-tanya kepada saudara, kerabat, atau bahkan ke seorang polisinya langsung mengenai berkas apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar POLRI. Pertanyaanmu akan terjawab pada artikel di bawah ini, yang bisa kamu pahami dan kamu persiapkan sebelum mendaftar menjadi POLRI.

  1. PAS FOTO

Dalam mendaftar menjadi anggota polri seseorang harus menyiapkan pas foto ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan background merah.

 2. FOTOCOPY KTP YANG SUDAH DILEGALISIR

Selain pas foto, siapkan pula foto copy ktp yang sudah dilegalisir di Dukcapil.

 3. FOTOCOPY KARTU KELUARGA (KK) LEGALISIR

Siapkan fotocopy kartu keluarga ini sedikitnya 5 lembar sebagai persiapan untuk pendaftaran POLRI 2022.

 4. AKTA KELAHIRAN LEGALISIR

Akta kelahiran yang dilegalisir juga harus dipersiapkan untuk daftar Polri 2022. Sama seperti KK dan KTP, legalisir akta kelahiran bisa dilakukan di kantor Dukcapil.

 5. FOTOCOPY IJAZAH DAN SKHUN LEGALISIR

Fotocopy ijazah dan SKHUN yang dilegalisir diperlukan dari SD, SMP, hingga SMA. Selain itu, dokumen dari SMA juga harus dilengkapi foto copy raport semester 1 dan 2

 6. PIAGAM PENGHARGAAN DAN PRESTASI

Bagi kamu yang memiliki prestasi di bidan tertentu bisa menyertakan piagam prestasi sebagai bahan pertimbangan tambahan bagi panitia pendaftaran.

 7. SURAT KETERANGAN SEHAT DARI PUSKESMAS

Surat keterangan ini meliputi, tinggi, berat badan, tensi darah dan lain sebagainya yang akan dilakukan petugas puskesmas.

 8. SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DARI POLRES

Karena, masa berlaku SKCK hanya 3 bulan, maka disarankan untuk pembuatan SKCK mendekati jadwal pendaftaran Polri yiang sudah diketahui.

 9. SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH KUA

Keterangan ini juga di foto copy dan legalisir di KUA. Bagi masyarakat yang sudah menikah, tidak diperbolehkan mendaftar sebagai anggota polisi.

 10. SURAT KETERANGAN BELUM PERNAH HAMIL ATAU MELAHIRKAN (BAGI WANITA)

Surat keterangan ini bisa dibuat di kelurahan, dokter, dan tenaga medis yang berkompeten. Surat ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi para wanita yang ingin mendaftar menjadi Polwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.