3 JALUR PENERIMAAN BINTARA POLRI

Untuk bisa menjadi seorang Bintara Polri tidak lah mudah, banyak tes dan persyaratan yang harus dilalui. Namun, sebelum menemui tes dan persyaratan bagi kamu calon Bintara Polri akan dihadapkan dengan pemilihan jalur penerimaan. Berikut adalah tiga jalur penerimaan Bintara Polri yang bisa kamu pilih ketika pendaftaran berlangsung:

 

  1. JALUR PENGHARGAAN

Jalur yang pertama ini akan diberikan kepada calon Bintara Polri yang merupakan anak kandung anggota Polri, dengan persyaratan gugur, hilang, atau cacat tingat tiga dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan melalui Keputusan Kapolri.

2.JALUR TALENT SCOUNTING

Pada jalur ini terdiri dari dua jalur, yaitu jalur prestasi akademik dan non akademik. Di jalur talent scounting, kamu yang mempunyai segudang prestasi dan ingin menjadi Bintara Polri, bisa menggunakan jalur ini pada saat mendaftar. Berikut penjelasan pada jalur talent scounting:

a.PRESTASI AKADEMIK

Untuk di jalur prestasi akademik ini, diberikan bagi mereka siswa kelas XII yang menjuarai olimpiade sains atau kejuaraan yang direkomendasikan oleh Kemenpora dan Kemendikbud, tingkat Kabupaten, Provinsi atau Nasional.

b.PRESTASI NON-AKADEMIK

Prestasi non akademik, yakni mereka yang juara satu, dua, atau tiga di bidang olahraga tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional yang diselenggarakan oleh Kemenpora dan Kemendikbud. Selain itu, ada juga slot untuk juara satu, dua, tiga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional yang diselenggarakan Kemenag.

3.JALUR AFFIRMATIVE ACTION

Jalur khusus bagi kamu calon Bintara Polri yang berada di pulau kecil, wilayah perbatasan, suku pedalaman. Syaratnya, yaitu harus penduduk asli. Namun. jika tidak bisa juga bagi mereka yang, bukan penduduk asli dan berdomisili di daerah itu paling singkat tiga tahun terhitung pada saat pendidikan pembentukan Bintara Polri dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.